Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

( Citrus aurantifolia )

Suku : Rutaceae

Nama Daerah : Kelangsa (Aceh) jeruk nipis (sunda) jeruk pecel (jawa) jeruk alit,lemo (bali) lemau nipis (kalimantan)

Biasanya jeruk nipis di tanam di pekarangan atau di kebun, dapat tumbuh di tanah yang kurang subur asalkan mudah mendapatkan air dan sinar matahari penuh.

Air buahnya di jadikan sebagai masakan, minuman penyegar, bahan pembuat asam sitrat, membersihkan karat pada logam atau kuali yang kotor, Selain itu dapat digunakan sebagai obat tradisional maupun campuran jamu.

Jeruk Nipis dapat di perbanyak dengan cangkok, biji atau okulasi

jeruk nipis

Sipat dan Khasiat Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis rasanya pahit, asam, sedikit dingin dan berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak ( mukolitik ) peluruh kencing (diuretik) peluruh keringat dan membantu proses pencernaan. Oleh karena itu buah jeruk di gunakan untuk pengobatan influenza,batuk,lendir di tenggorokan,demam,panas pada malaria, melangsingkan badan,ketome,menambah stamina,batu ginjal dan heid tidak teratur. Bunga dan daun jeruk nipis digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi ( hipertensi )

Cara Pemakain 

Bagian Utama yang digunakan adalah buah tetapi daun,bunga dan akar juga bisa digunakan sebagai obat.

Untuk pengobatan yang di minum,peras jeruk nipis dengan bahan lain ( 1-2 buah ) Gunakan perasan tersebut tersendiri atau campur dengan bahan lainnya.

Untuk pemakain luar aduk jeruk nipis dengan bahan lain lalu kompreskan atau balurkan ke bagian tubuh yang sakit, seperti demam pada anak-anak,sakit perut, diare,sakit gigi, nyeri haid,kepala pusing rematik,kurap,ketombe,jerawat,mengecilkan perut,mengecilkan pori-pori di wajah dan membersihkan lemak di kulit wajah.

Air jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggorokan atau abses tenggorokan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply